Ingin Terhindar dari Korsleting? Segera Cek Instalasi Listrik Gedung Anda!

Setiap orang pasti membutuhkan listrik. Keberadaan listrik memang sangat penting dalam kehidupan manusia, termasuk untuk sebuah hunian. Entah berfungsi sebagai energi alat penerangan, energi untuk mengubah data, energi penghantar panas, dan lain sebagainya. Nah, dengan berbagai fungsi tersebut, seringkali listrik juga bisa menyebabkan terjadinya bahaya seperti korsleting atau kebakaran. Kebakaran atau korsleting semacam ini bisa saja terjadi karena dua hal, yaitu salah dalam memasang instalasi listrik, dan jarang melakukan pengecekan listrik secara rutin.

Namun, anda tak perlu takut. Kini, anda bisa mencegah bahaya-bahaya seperti itu dengan menerapkan beberapa cara mengecek instalasi listrik gedung seperti yang akan dijelaskan berikut ini. Apa sajakah itu? Yuk simak bersama-sama!

Tips Mengecek Listrik Gedung Secara Rutin

Melakukan pengecekan listrik secara rutin ternyata dapat memberi banyak manfaat. Selain dapat mencegah anda dari bahaya-bahaya seperti korsleting dan kebakaran, pengecekan listrik secara rutin juga dapat bermanfaat untuk merawat instalasi listrik gedung rumah anda yang rusak. Tanpa melakukan pengecekan secara rutin, mustahil anda bisa mengetahui kerusakan yang terjadi pada instalasi listrik gedung anda. Maka dari itu, coba terapkan beberapa tips berikut ini untuk mengecek instalasi listrik gedung anda.

Tempatkan Instalasi Listrik Sesuai Denah Gedung Anda

Instalasi Listrik

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek penempatan instalasi listrik yang anda pasang. Apakah sudah sesuai dengan denah rumah anda? Apakah sudah sesuai dengan letak kotak MCB (Miniature Circuit Breaker), sakelar, dan stopkontak? Kalau belum, segera tempatkan instalasi listrik anda pada lokasi yang tepat. Anda juga bisa menyesuaikan tata letak instalasi listrik sesuai dengan letak tata ruang. Apabila anda kesulitan saat memasang, anda juga bisa meminta bantuan dari kontraktor mekanikal elektrikal untuk memasang instalasi listrik sesuai dengan denah gedung anda. Dengan meminta bantuan ahli, anda juga bisa meminimalisir terjadinya risiko kecelakaan saat memasang instalasi listrik.

Periksa Kabel yang Anda Gunakan

Kabel

Hal selanjutnya adalah mengecek jenis kabel yang anda pakai. Apakah kabel anda sudah sesuai dengan standar SNI? Lalu, apakah ada kerusakan yang terjadi pada kabel yang anda pasang? Jika tidak ada, lakukan pengecekan kabel seperti ini secara rutin. Mengapa? Karena kabel merupakan suatu media yang sering dipakai untuk menghantarkan listrik. Apabila kabel rusak, maka akan menyebabkan terjadinya kecelakaan. Maka dari itu, sebaiknya gunakan kabel yang telah terstandarisasi SNI. Selain itu, kabel jenis ini juga sudah terjamin keamanannya dan bisa meminimalisir terjadinya korsleting atau kebakaran. Dari segi kualitas pun sangat terjamin karena kabel berstandar SNI jauh lebih kuat dan tahan lama daripada kabel-kabel pada umumnya.

Bagi Jalur Kabel Listrik Sesuai dengan Fungsinya

Jalur Kabel Listrik

Jika anda sudah mengecek kondisi kabel yang anda pasang lanjutkan dengan membagi kabel-kabel yang anda gunakan ke dalam beberapa jalur sesuai dengan fungsinya. Misalnya, pisahkan instalasi jalur listrik untuk AC, pompa air, lampu, dan stopkontak.  Hal ini dilakukan agar jalur aliran listriknya tidak terhambat. Selain itu, apabila terjadi korsleting atau kerusakan pada instalasi listrik, anda bisa langsung memutus aliran listriknya untuk menghindari terjadinya hal-hal yang lebih berbahaya. Apabila anda tidak bisa membagi kabel-kabel yang anda pasang menjadi jalur-jalur kabel, sebaiknya mintalah bantuan ahli atau tukang mekanikal elektrikal untuk memasang dan membagi jalur kabel instalasi listrik di gedung atau rumah anda secara berkala.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *