Ini Dia Tips Jitu Merawat Lantai Granit Agar Tetap Mengkilap!

Bagaimana Cara lebih Merawat Lantai Granit?

Lantai granit merupakan salah satu bahan bangunan paling populer yang banyak diminati konsumen. Meskipun harga yang dipatok cenderung mahal, lantai granit memiliki kualitas yang jauh baik daripada lantai keramik.

Maklum saja, batu granit memiliki tekstur yang kuat sehingga lebih awet. Lantai batu granit sangat aman terhadap kelembapan dan air. Tak heran jika lantai batu granit dapat digunakan di berbagai ruang, mulai dari ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, hingga teras.

Terdapat pula granit untuk kamar mandi dan dapur, malahan di pasaran tersedia meja dapur granit berbagai motif menarik. Bahkan, tak sedikit toko bangunan yang menyediakan granit murah dan jual granit kualitas unggul dengan harga relatif terjangkau.

Penggunaan lantai batu granit pun efektif meningkatkan estetika sebuah hunian. Pasalnya, lantai batu granit menawarkan beragam desain yang menarik. Anda dapat menyesuaikan jenis granit dengan selera, misalnya gaya modern, hangat, elegan, atau mewah.

Hanya dengan memasang lantai batu granit saja, tampilan rumah Anda akan lebih menawan. Secara tidak langsung, hal ini pun akan berdampak pada kenyamanan para penghuni rumah.

Kendati demikian, Anda wajib untuk memelihara lantai batu granit untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan melakukan perawatan secara berkala, lantai batu granit Anda akan selalu tampak bersih dan mengkilap.

Lantas, bagaimana cara merawat lantai granit yang baik dan benar? Berikut uraiannya.

  • Bersihkan Setiap Hari

Selalu bersihkan lantai batu granit setiap hari. Gunakan sapu untuk membersihkan debu yang menempel. Usahakan untuk melakukan pemolesan lantai batu granit setiap bulan sekali. Cara ini akan menjaga kualitas lantai batu granit. Selain bersih, lantai pun akan tetap mengkilap sepanjang hari.

  • Gunakan Kain Berserat Halus

Jika lantai batu granit terkena noda membandel, alih-alih menggunakan lap pel, lebih baik gunakan kain berserat halus. Misalnya kanebo atau kain microfiber. Hindari menggunakan kain yang kasar karena dapat menyebabkan lantai batu granit tampak kusam.

Bagaimana jika tidak memiliki kain berserat halus? Anda dapat menggunakan lap yang dibasahi dengan air dan cairan pembersih lantai.

  • Gunakan Cairan Khusus

Sebenarnya, membersihkan lantai batu granit dengan pembersih lantai sudah cukup. Namun, jika terdapat noda membandel dan sulit dibersihkan, pastikan untuk menggunakan cairan khusus yang biasanya dijual di pasaran.

Cairan khusus ini memiliki pH netral dengan tingkat keasaman rendah sehingga aman untuk digunakan pada lantai batu granit. Dengan cairan ini, segala noda membandel yang menempel akan hilang tak berbekas. Lantai pun akan kembali bersih dan mengkilap.

  • Gunakan Campuran Air dan Baking Soda

Jika Anda kesulitan menemukan cairan pembersih khusus lantai batu granit, Anda dapat menggunakan cara tradisional. Cara ini sangat ampuh untuk melenyapkan noda yang sulit dibersihkan.

Caranya, cukup campurkan air dengan baking soda kemudian semprotkan pada area yang ingin Anda bersihkan. Diamkan selama 24 jam lalu bersihkan menggunakan kain. Dijamin lantai Anda akan kembali seperti semula.

  • Hindari Perabot dengan Alas yang Tajam

Kendati lantai batu granit tergolong awet dan memiliki ketahanan yang bagus, bukan berarti Anda boleh menempatkan perabot atau benda tajam di atasnya. Perabot dengan alas tajam dapat menyebabkan terjadinya gesekan dan goresan pada lantai.

Demikianlah sejumlah tips jitu untuk merawat lantai granit yang dapat Anda aplikasikan langsung. Dengan tips tersebut, kebersihan lantai batu granit Anda akan terjaga. Rumah pun semakin nyaman dihuni.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *