Lantai Rumahmu Sering Basah karena Rembesan Air?? Lakukan Solusi Ini untuk Mencegahnya

Lantai basah sering menjadi masalah yang dialami banyak orang di rumah. Tentu tidak enak bukan karena meskipun sudah mengelap berkali-kali, lantai tetap saja basah dan hal tersebut sangat berpengaruh pada kelembapan ruangan. Padahal rumah yang sehat harus seimbang dari segi sinar matahari dan diharapkan tidak sampai lembap, apalagi dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu menjaga agar rumah tidak lembab bisa dilakukan dengan mengantisipasi agar lantai tidak basah akibat dari rembesan yang terjadi dari berbagai arah.

Pahami Penyebab Terjadinya Rembesan Pada Lantai

Ada beberapa penyebab terjadinya rembesan yang menyebabkan lantai jadi selalu basah diantaranya karena lokasi berada di dekat tempat yang banyak genangan air seperti sawah, ladang, sungai. Bisa juga karena adanya kebocoran pipa saluran air. Untuk mengatasi rembesan pada lantai, memang perlu diketahui apa yang menjadi penyebabnya, sehingga bisa memberikan solusi terbaik agar lantai tidak lagi basah akibat rembesan air. Salah satu hal yang bisa dilakukan bisa dengan memasang waterproofing membran untuk mencegah terjadinya rembesan air pada lantai.

Solusi Mencegah Rembesan Air dari Lantai

Sebenarnya banyak solusi bisa dilakukan agar tidak terjadi rembesan pada lantai, namun memang harus dicari dulu apa yang menjadi penyebabnya. Beberapa solusi ini bisa anda lakukan agar menjaga rumah tidak lembab akibat rembesan air dari lantai.

1. Meninggikan lantai

Jika memungkinkan, anda bisa meninggikan lantai agar rembesan air tidak akan terus-terusan membuat rumah jadi terasa basah dan lembab. Bisa jadi air selalu merembes karena posisi lantai rumah anda terlalu dekat dengan air tanah. Maka dari itu, meninggikan lantai bisa menjadi solusi tepat agar air tidak lagi merembes ke lantai rumah anda. Memang tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk meninggikan lantai, namun jika kedepannya tidak baik untuk kesehatan, hal tersebut harus dipertimbangkan.

2. Menggunakan material waterproof

Memasang material sika waterproofing yang mampu menahan rembesan air, akan sangat bermanfaat bagi rumah anda karena air tidak akan lagi merembes dan membuat lantai basah. Mengingat pentingnya kondisi lembap harus dihindari, perlu untuk mengutamakan memasang material waterproof agar rumah aman dan terbebas dari kelembapan.

3. Menambal nat yang rusak

Rembesan air pada lantai bisa jadi terjadi karena nat pada keramik sudah rusak. Jadi tidak ada salahnya untuk menambal nat keramik yang rusak agar air tidak lagi merembes dan membuat lantai rumah jadi selalu basah. Memperbaiki nat keramik yang sudah rusak sangat mudah, anda tinggal membeli semen khusus yang tersedia di toko bangunan dan dengan mudah menambalnya. Namun jika anda tidak bisa dengan menghubungi tukang bangunan yang memang ahli.

4. Memperbaiki pipa yang bocor

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa air yang merembes kelantai rumah, bisa jadi disebabkan oleh kebocoran pipa air. Maka dari itu, anda harus memperbaikinya dengan cara mengganti atau dengan menambal bagian pipa yang bocor dengan waterproofing membran agar rumah aman dari rembesan air dan  terhindar dari resiko basah yang terus menerus di dalam rumah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *