Mau Interior Rumah Selalu Terawat? Lakukan Cara Hebat Ini

Memiliki rumah yang selalu bersih, rapi  up to date, dan tahan lama merupakan impian semua orang. Tapi kadang Karena keterbatasan waktu, banyak yang mengabaikan perawatannya sehingga berakhir dengan mudahnya furniture jadi lapuk, hingga dinding jamuran. Lantas bagaimana cara merawatnya yang benar?

Merawat Interior Rumah

Jangan Abaikan 5 Bagian Ini Agar Interior Rumah Selalu Kece

Secara garis besar interior rumah bisa dibagi atas 5 area, yaitu dinding, jendela, mebel, karpet, dan lampu. Masing-masing harus dirawat sesuai dengan jenis bahannya masing-masing, agar ketahanan dan kualitasnya bisa selalu terjaga. Anda bisa melakukannya sendiri atau memanfaatkan jasa kontraktor interior untuk membantu mewujudkannya.

  • Dinding

Ada dua jenis dinding yang ada di dalam rumah, ada yang dilapisi cat biasa, dan ada juga yang menggunakan wallpaper. Untuk perawatan dinding yang menggunakan cat bisa dilakukan dengan rutin membersihkan dinding menggunakan pembersih debu agar tidak ada kotoran yang menempel. Jika ada noda segera bersihkan agar tidak menimbulkan jamur.

Sedangkan untuk dinding yang dilapisi wallpaper bisa dirawat secara rutin dengan lap lembab untuk bahan vynil, plastik dan sejenisnya. Sedangkan untuk bahan bulu atau serat, bisa menggunakan vacuum cleaner secara berkala. Jika ada indikasi robek segera siasati dengan mengambil sisa wallpaper di gudang dan memperbaiki bagian rusak tersebut.

  • Jendela

Pada bagian jendela terdapan gorden yang merupakan interior penting dari sebuah ruangan di rumah Anda. jika melibatkan kontraktor pasti desain yang dipilih sangatlah maksimal, tinggal membersihkannya sesuai jenis bahan. Bisa dengan mencuci secara rutin, atau cukup dibersihkan pada bagian terkena noda menggunakan sikat dan cairan pembersih yang aman,

  • Mebel

Meja dan kursi juga harus rutin di rawat, paling tidak membersihkan debu yang menempel pada permukaannya sekali sehari. Jika Anda menetap dekat dengan jalan raya, tentu butuh pembersihan ekstra. Untuk mebel yang terbuat dari kayu, bisa dibersihkan menggunakan kain basah yang diberi cairan pembersih khusus kayu.

Jika terbuat dari besi yang dilapisi kain atau bahan lain bisa dicuci berkala pada bagian-bagian yang terlihat kotor. Anda bisa berkoordinasi dengan kontraktor untuk memaksimalkan perawatannya, karena biasanya mereka lebih paham tentang perawatan yang benar dari interior rumah.

  • Karpet

Membersihkan karpet merupakan hal yang juga penting untuk menjaga interior tetap eye catching. Caranya bisa menghilangkan debu dengan vacuum cleaner, menghilangkan noda dengan air hangat atau sikat yang diberi cuka apel agar noda tak jadi bandel.

  • Lampu

Perawatan lampu tetap harus dilakukan, agar kualitas cahaya yang dihasilkan tetap sesuai dengan kebutuhan. Jika merupakan lampu neon biasa, cukup dibersihkan menggunakan bulu halus. Namun jika berjenis Kristal tentu harus dibersihkan secara khusus. Anda juga bisa meminta bantuan kontraktor untuk melakukannya.

Demikianlah informasi seputar cara merawat interior rumah Anda agar bisa awet dan selalu terlihat bersih. Melibatkan kontraktor interior merupakan salah satu ide cemerlang, apalagi bagi Anda yang tak memiliki banyak waktu untuk melakukannya. Tapi tetap kontrol dan evaluasi hasil kerja pihak ketiga tersebut harus dilihat dan dipastikan sesuai dengan keinginan Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *