Mengatasi Plafon atau Dinding Gypsum yang Jebol

Kini banyak masyarakat yang beralih memakai gypsum board sebagai pemisah interior maupun ruangan. Selain harga gipsum yang lebih terjangkau, pemakaiannya juga lebih aman untuk digunakan di rumah. Misalnya terjadi gempa bumi, orang yang berada di dalam rumah tidak perlu cemas terkena jatuhan bata.

Mengatasi Plafon atau Dinding Gypsum yang Jebol

Namun terkadang anda dipusingkan oleh adanya masalah dalam pemakaian partisi gypsum. Seperti adanya lubang ataupun mengalami masalah yang lebih besar, yakni material jebol. Karena bahan tersebut sama seperti dinding yang terbuat dari beton, sehingga bisa berlubang. Misalnya ketika ada lubang bekas paku. Meski anda telah sangat hati hati, namun bekas lubang tak akan bisa dihindari.

Selain itu dinding gipsum juga bisa mengalami masalah, yakni jebol. Penyebabnya pun beragam, seperti beban yang berat, ataupun benturan benda keras. Karena faktanya, plafon ataupun dinding berbahan gipsum memang lebih rapuh dibandingkan material lainnya. Dan jika penggunaanya sudah lama, bukan tidak mungkin bisa ambrol ataupun roboh.

Cara Mengatasi Partisi Gypsum yang Jebol

Plafon dan dinding dengan bahan gypsum, perlu dijaga agar terhindar dari berbagai benturan keras. Jangan sampai ketika memberihkan atap, peralatan yang anda gunakan menekan gipsum terlalu keras hingga menyebabkan jebol. Selain itu juga hindari pemakaian partisi gypsum di area kamar mandi, bagian luar rumah, serta tempat yang rawan kelembapan. Namun jika gypsum anda sudah terlanjur rusak, material bisa diperbaiki dengan cara di bawah ini.

1. Mempersiapkan alat serta bahan bahan yang dibutuhkan. Perlengkapan yang harus anda sediakan yaitu kompon perekat yang akan digunakan sebagai bahan pengisi, kape, gergaji, cutter, papan gipsum, tatakan, pita kertas, dan juga meteran.

2. Setelah semua peralatan siap, anda bisa memulai perbaikan. Lakukan pengukuran sisa gipsum yang akan dipakai untuk menutupi lubang. Usahakan ukurannya melebihi besar lubang.

3. Gambar ukuran gipsum yang telah diukur pada dinding atau plafon yang jebol. Setelah itu buatlah torehan di sekitar lubang mnggunakan cutter. Torehlah sesuai gambar yang telah dibuat.

4. Gunakan gergaji untuk membuat lubang pada bekas torehan. Torehkan dimaksudkan untuk memudahkan anda dalam membuat lubang. Proses gergaji bisa dilkukan dengan arah diagonal ke bagian tepi lubang.

5. Setelah proaes gergaji selesai, anda bisa mematahkan plafon tadi agar berbentuk lubang segi empat. Potong plafon hingga bersih tanpa ada sisa sisa di bagian pinggir untuk mendapatkan tambalan dengan hasil yang rapi.

6. Siapkan partisi gypsum yang akan dipakai untuk penambal sebanyak dua buah. Gunanya untuk dijadikan rangka tambahan pada penambal. Kemudian oles bahan perekat pada gipsum.

7. Gipsum yang telah dioles menggunakan kompon perekat, segera tempelkan di bagian atas. Sehingga menutup lubang dari bagian atas. Tunggu hingga kompon perekat menjadi kering, tandanya yaitu bahan menjadi keras dan tidak bergeser saat ditekat.

Baca juga: Ingin Merasakan Hotel Bintang Lima? Lengkapi Dulu Penunjang Kamar Hotel Ini!

8. Ketika telah benar benar kering, lem kembali bagian gipsum pada lubang. Selain itu juga oles perekat pada gipsum baru agar rekatan lebih kuat.

9. Sebelum menempel gipsum kedua, campurkan kompon perekat dengan air. Gunakan bahan itu untuk perekat sisi samping gipsum pada lubang. Untuk memperoleh hasil yang rapi, ratakan bekas kompon menggunakan kape.

10. Setelah tertempel, aplikasikan kompon perekat hanya satu lapis. Yakni sebagai dasar untuk menempelkan pita kertas. Biarkan pita menempel dengan kuat dan lakukan penekanan mnggunakan kape. Oleskan kompon kembali lalu biarkan kering. Terakhir, anda bisa melakukan pengecatan pada bekas lubang.

Cara cara di atas bisa anda aplikasikan jika lubang pada gipsum tidak terlalu lebar. Namun jika ukuran lubang cukup besar, lebih baik anda mengganti denagn gipsum baru untuk menghindari runtuh. Saat ini banyak distributor yang menawarkan harga partisi gypsum murah, sehingga anda tak perlu khawatir budget membengkak.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *