Pintu Kaca Memang Cantik, Tapi Hati-Hati

nambrak kaca

Apabila kita perhatikan, banyak sekali bangunan masa kini baik bangunan rumah tinggal maupun komersil yang menggunakan pintu masuk dengan material kaca. Model dan desain pintu dari bahan kaca ini semakin lama semakin beragam dan cantik, sehingga cocok dipadupadankan dalam gaya arsitektur bergaya konvensional maupun modern.

Formal Minimalis Untuk kantor

Selain untuk pintu, sering kita lihat juga material kaca dipakai untuk sekat atau partisi. Partisi kaca kantor biasanya dilengkapi dengan kerai atau shutter yang dapat dibuka tutup sehingga menambah privasi ruangan-ruangan yang disekat tersebut. Kelebihan dari pintu maupun partisi dari kaca, dia bisa menyekat dan membagi-bagi ruangan yang besar ke dalam ruang-ruang yang lebih kecil, yang penting tetap memberi kesan terbuka dan lapang.

Namun kekurangan dari material kaca yang digunakan baik untuk pintu maupun partisi adalah tampilannya yang transparan, sehingga bisa membuat seseorang tidak menyadari keberadaan pintu tersebut. Untuk kepentingan desain arsitektur memang tampilan pintu yang transparan bisa menyumbangkan unsur estetika. Pintu kaca sering dipakai untuk memberi kesan minimalis dan clean yang cocok dengan interior kantor. Tapi hati-hati karena apabila Anda terburu-buru, jangan-jangan Anda lupa bahwa ada pintu kaca di sana dan menabraknya!

Toko dan Hotel Tidak Ketinggalan

Untuk bangunan yang dipergunakan sebagai tempat-tempat umum dan komersil, gaya arsitektur dengan menggunakan pintu frameless berbahan kaca juga banyak kita jumpai. Pusat-pusat perbelanjaan besar dan hotel-hotel yang mewah biasanya menggunakan pintu ini sebagai akses keluar masuk gedung. Pintu kaca bisa seakan-akan membawa suasana asri kebun di luar ke dalam ruangan gedung. Apalagi untuk akses dari kolam renang ke dalam gedung, hampir selalu menggunakan pintu frameless kaca, karena memang membuat seakan-akan area dalam dan luar tidak terbatas.  Namun akibatnya bisa membuat anak-anak yang lalu lalang berlari-larian menabrak pintu tembus pandang tersebut, karena tidak sabar ingin keluar hotel dan menuju kolam renang.

Baca juga: Trik Mantap Pasang Lantai Parket Tanpa Tukang Bangunan

Jangan Sampai Jadi Malapetaka

pintu kaca dengan hati hati

Karena tampilannya yang transparan, baik pintu maupun partisi kaca kantor terkadang tidak disadari keberadaannya oleh orang yang sedang terburu-buru keluar masuk gedung. Selain itu benar-benar disayangkan apabila ada pengunjung hotel atau pusat perbelanjaan yang terluka akibat menabrak si pintu transparan.  Hendaknya kecantikan pintu kaca tidak membawa malapetaka bagi pengunjung hotel yang sedang liburan, atau pegawai kantor yang sibuk. Banyak kasus terjadi terutama anak-anak yang menabrak kaca hingga mengalami luka yang perlu penanganan cukup serius karena kulit yang terkoyak terkena serpihan kaca. Bayangkan runyamnya suasana di tempat liburan apabila pengunjung hotel malah mengalami musibah dan harus berobat ke dokter gara-gara tertabrak pintu!

Oleh karena itu ada baiknya apabila pihak pemilik bangunan baik pusat perbelanjaan, kantor maupun hotel yang menggunakan pintu berbahan kaca terutama dengan desain frameless melakukan hal-hal pencegahan sebagai berikut.

  • Meletakkan beberapa perabot kecil seperti tempat sampah atau pot tanaman di dekat pintu tersebut. Dengan demikian pengunjung akan menyadari adanya pintu transparan dan tidak menabraknya.
  • Tanda peringatan berupa tulisan bisa digunakan agar siapa pun yang akan lewat bisa membaca dan menyadari adanya pintu di situ.
  • Menggunakan pegangan pintu yang cukup besar atau atraktif untuk menarik perhatian, sehingga keberadaannya disadari oleh pengunjung yang akan keluar masuk.
  • Menggunakan tirai atau kerai yang bisa digulung ke atas, di atas pintu. Saat siang hari atau di saat-saat sibuk, tirai atau kerai bisa dinaikan sehingga kesan lapang dan ‘tak terbatas’ tetap bisa Anda dapatkan. Namun keberadaan tirai yang tergulung tersebut, tentu bisa menjadi semacam pengingat bagi orang yang lalu lalang bahwa terdapat pintu kaca di situ, sehingga Anda hendaknya berhati-hati.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *