Trik Pengaplikasian Epoxy yang Benar pada Hunian supaya Terlihat Elegan

Epoxy merupakan salah satu sistem pelapisan yang mengunakan 2 (dua) bahan cat yaitu resin sebagai bahan perekat dan hardener polyamine sebagai pengeras. Epoxy bisa diterapkan pada  cat mobil dan lantai. Epoxy pada lantai  atau epoxy flooring biasanya digunakan untuk lantai di pabrik, rumah sakit, mall, show room, laboratorium dan masih banyak lagi. Akan tetapi, jika lantai pada rumah ingin dilapisi epoxy justru akan memberikan kesan unik dan elegan. Namun, banyak orang belum tahu cara pengaplikasian epoxy lantai yang benar. Mau tahu caranya? Simak tutorialnya di bawah ini.

Persiapan Permukaan Lantai

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum epoxy diaplikasikan pada lantai yaitu persiapkan dahulu lokasi lantai yang akan di epoxy. Langkah ini bertujuan supaya cat epoxy dapat menempel dengan sempurna. Caranya cukup melakukan pengamplasan pada permukaan lantai, apabila ada permukaan yang terkena noda minyak bisa dibersihkan dahulu dengan menggunakan cairan kimia.

Pembersihan Lantai dari Kotoran

Apabila persiapan permukaan lantai sudah selesai, maka langkah sepanjutnya adalah membersihkan lantai dari kotoran dengan menggunakan mesin penyedot debu. Hal ini bertujuan supaya cat primer yang akan digunakan dalam epoxy nanti bisa bekerja dengan baik. Apabila masih ada kotoran yang tersisa, maka lapisan primer tidak bisa bertahan lama.

Pelapisan Lantai dengan Primer

Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelapis primer sebelum melakukan epoxy pada lantai. Lapisan cat primer berfungsi supaya daya tahan epoxy di lantai lebih lama. Selain itu pelapis primer juga akan melapisi lantai serta mencegah resiko terjadinya gas dan gelembung. Sebelum mengaplikasikan cat primer, pastikan lokasi tersebut memiliki ventilasi yang cukup baik.

Pelapisan Pertama Epoxy Lantai

Untuk pelapisan pertama pada epoxy lantai atau epoxy flooring, gunakan campuran hardener dan resin dengan memakai mixer listrik selama kurang lebih 2 (dua) menit supaya tercampur merata. Setelah tercampur sempurna, aplikasikan cairan lapisan tersebut dengan memakai roller. Usahakan pilih roller yang memiliki kualitas baik supaya lapisan dapat menempel dengan sempurna dan diamkan selama 1 (satu) hari hingga kering.

Apabila keesokan harinya ada retak, gelembung atau lubang yang muncul maka bisa diratakan kembali dengan memakai amplas atau menambal lubangnya terlebih dahulu agar pengaplikasian epoxy yang kedua bisa menempel dengan baik. Ketika ingin melapisi lantai untuk lapisan kedua, sebaiknya tunggu lapisan pertama benar – benar kering.

Pengaplikasian Lapisan Terakhir Epoxy Lantai 

Sebelum pengaplikasian lapisan terakhir, pastikan dahulu retakan dan lubang sudah diperbaiki karena hal ini mempengaruhi tekstur hasil akhir nanti. Cat epoxy akan cepat mengering dengan masa pakai kurang lebih 40 menit. Oleh sebab itu, usahakan dalam pengaplikasian epoxy lantai bisa sekaligus menggunakan 1 (satu) ember cat epoxy.

Pemakaian epoxy untuk lantai menjadi cara paling cepat dan tepat untuk mendapatkan lantai kuat, bersih, bebas dari kuman dan juga terlihat lebih elegan. Selain itu epoxy lantai juga sangat mudah dalam perawatan dan pembersihannya. Dengan menggunakan epoxy pada lantai membuat hunian terlihat lebih mewah, bersih dan elegan.

Epoxy lantai juga dinilai lebih praktis karena tidak memerlukan banyak bahan seperti semen, pasir dan keramik. Untuk jasa pengaplikasiannya dan harga cat epoxy cukup merogoh kocek sebesar Rp. 60.000 per m² Anda sudah bisa menikmati epoxy pada lantai rumah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *